Pemkab Pandeglang Melalui Dinas Sosial Laksanakan Kegiatan Pelatihan Peningkatan Kapasitas SDM Dalam Penanganan Kebencanaan di Villa Merah Pagelaran | POSBANTEN.CO.ID
google.com, pub-2901016173143435, DIRECT, f08c47fec0942fa0
Sunday 26th May 2024

Pemkab Pandeglang Melalui Dinas Sosial Laksanakan Kegiatan Pelatihan Peningkatan Kapasitas SDM Dalam Penanganan Kebencanaan di Villa Merah Pagelaran

posbanten.co.id, Pandeglang.

Dalam rangka meningkatkan kesiapsiagaan dalam penanganan bencana Dinas Sosial (Dinsos) pemerintah Kabupaten Pandeglang laksanakan kegiatan pendidikan dan pelatihan untuk peningkatan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) bidang sosial dalam penanganan Kebencanaan di lapangan Villa Merah, Desa Margagiri, Kecamatan Pagelaran, Kabupaten Pandeglang – Banten, “28/11/23.

Yang kegiatan ini dimana para anggota yang di rekrut dari masing-masing Desa dengan jumah Empat (4) orang untuk persatu Desa.

Seperti yang di katakan oleh Dr. H. Sutoto, S.PD,M.SI (Kadinsos Kabupaten Pandeglang), “Pelaksanaan Pendidikan dan Pelatihan dalam penanganan Kebencanaan ini, dilakukan di beberapa Kecamatan se Kabupaten Pandeglang pada tahun 2023 ini, diantaranya di: Kecamatan Sumur, Kecamatan Cimanggu, Kecamatan Cibaliung, Kecamatan Pagelaran, Kecamatan Patia, dan Kecamatan Cimanuk, “Ucapnya.

a. Adapun susunan dalam acara kegiatan peningkatan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) bidang sosial dalam penanganan Kebencanaan tersebut yaitu di mulai dari hari pertama: “Pembukaan kegiatan, menyanyikan lagu Indonesia Raya, Menyanyikan Mars Kampung Siaga Bencana (KSB), laporan panitia, Sambutan dari Kepala Dinas Sosial, coffe break, materi satu (1) dan materi dua (2).

b. Selanjutnya di hari ke dua (2) registrasi peserta, Praktik lapangan, ishoma, refleksi Kegiatan serta terakhir penutupan, “Paparnya.

Kegiatan ini juga dihadiri oleh beberapa unsur, baik dari: Pemerintah Kabupaten Pandeglang, Dinsos Kabupaten Pandeglang, TAGANA Kabupaten Pandeglang, Ketua KSB Kabupaten Pandeglang, Camat Patia (Supratman, S.pd), anggota Kampung Siaga Bencana (KSB) dari Kecamatan Patia dan Kecamatan Pagelaran, para Sekertaris Desa (SekDes), para kasi Kesra, Kader Posyandu, KSB, Ketua TKSK, Staf Kesos dan sat Polpp.

“Ia juga menjelaskan bahwa dibentuknya kegiatan ini merupakan upaya pemerintah untuk meningkatkan kesiapsiagaan terhadap datangnya bencana, pembentukan Kampung Siaga Bencana (KSB) bertujuan untuk memberikan pemahaman dan kesadaran kepada masyarakat tentang bahaya dan risiko bencana, dengan cara membentuk jejaring siaga bencana berbasis masyarakat dan memperkuat interaksi sosial bagi masyarakat, “Imbuhnya.

Selain itu Beni Madsira (Ketua KSB Kabupaten Pandeglang), memaparkan, “Perlu diketahui juga bahwa, pembentukan Kampung Siaga Bencana (KSB) ini adalah untuk memberikan perlindungan kepada masyarakat dari bahaya dan risiko ancaman bencana, dengan cara menyelenggarakan kegiatan penanggulangan bencana yang berbasis masyarakat melalui pemanfaatan sumber daya alam dan manusia yang ada pada lingkungan masyarakat setempat, “Paparnya.

“Di sisi lain Camat Kecamatan Patia (Supratman, S.pd), mengungkapkan “Penyelenggaraan Penanggulangan Bencana tidak semata merupakan tanggung jawab Pemerintah tetapi warga masyarakat juga harus mampu berperan aktif dalam penanggulangan bencana, “Ungkapnya.

“Dan ia juga berharap agar warga masyarakat di daerah rawan bencana seperti halnya di Kecamatan Patia (Bencana Banjir), harus mulai membiasakan diri untuk melaksanakan kegiatan yang mampu memitigasi atau mengurangi resiko bencana, baik dengan memelihara lingkungan yang bersih serta melatih diri dalam deteksi bencana dan melatih kemampuan jika terjadi adanya bencana, “Ucapnya.

“Ia menegaskan, dengan dibentuknya Kampung Siaga Bencana ini, semoga KSB Kecamatan Patia dapat meminimalisir atau memberikan perlindungan kepada masyarakat dengan rasa ikhlas dari resiko dan ancaman bencana dengan cara bersama-sama bergotong – royong menyelenggarakan kegiatan penanggulangan bencana yang berbasis masyarakat.

“Pembentukan Kampung Siaga Bencana (KSB) juga mempunyai banyak tujuan yang diantaranya: Memberikan pemahaman dan kesadaran bagi masyarakat tentang bahaya dan resiko bencana, Membentuk jejaring sosial siaga bencana berbasis masyarakat, Mengorganisir potensi masyarakat terlatih dalam penanggulangan bencana serta memperkuat solidaritas bagi masyarakat, “Pungkasnya.

[otw_is sidebar=otw-sidebar-7]

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

mgid.com, 748613, DIRECT, d4c29acad76ce94f