RAPAT KOORDINASI PERSIAPAN TAHAPAN PEMILU DAN PILKADA SERENTAK TAHUN 2024 KABUPATEN TANGERANG. | POSBANTEN.CO.ID
google.com, pub-2901016173143435, DIRECT, f08c47fec0942fa0
Sunday 14th April 2024

RAPAT KOORDINASI PERSIAPAN TAHAPAN PEMILU DAN PILKADA SERENTAK TAHUN 2024 KABUPATEN TANGERANG.

posbanten.co.id, Tangerang.

Rapat tahapan pemilu dan tahapan penetapan pencalonan Anggota DPRD, kabupaten, DPRD propinsi, dan DPR Ri serta Presiden dan wakil presiden, pemaparan, penetapan DCT, serta DPT di pemilu yang akan datang hari ini 1/11 /2023.

Rapat tersebut untuk menyepakati bersama dari unsur unsur politik praktis sehingga ASN menjadi netral agar pemilu yang akan datang berjalan dengan baik, umar menjelaskan saat ini sebanyak 844 anggota dewan DPRD yang sudah di tetapkan. (DCT ) menjadi calon dewan DPRD Kabupaten tangerang hal ini melalui pemutahiran, verifikasi data dan juga ada yang mundur dari calon DPRD sehingga yang dapat di tetapkan calon dewan sebanyak 844 orang calon ungkap umar.

Menurutnya tahapan yang akan dilaksanakan mendata data pemilih yang akan di hadapI, dimana 100 hari lebih kedepan sudah pemilu jadi penetapan DPT, harus segera ucap M. umar, yang juga dalam kesempatan itu mrnyampaikan agar tenaga adhoc di cover BPJS ketenagakerjaan dan juga agar bisa di akomodir baik melalui anggaran APBD, pihak KPU sebagai penyelenggara pemilu akan diminta data oleh Bpjs dan jumlah anggota kpps dan kpp yang menjadi pelaksana pemilu di lapangan untuk di daftarkan kepesertaan BPJS, umar juga menyampaikan kpu tidak ada oleh karena kpu terbatas menerima mphd yaitu 2 kali setahun.

Penyelengara ADHOC Dibawah 145 orang yang tersebar di 29 kecamatan ditambah tenaga pendukung 2 orang perkecamatan dan setiap desa 3 orang dan ini semua sudah terbentuk ucap umar.

Selanjutnya Muhamad umar juga menyampaikan penyelenggaraan pemilu di 274 desa, yang terdiri dari 9016 tps dengan penempatan 6216 kpps di tambah satlimas 2 orang per tps. Total penyelanggara ppk dan kpps 8378 orang.

Dia juga menambahkan Data pemilih di kabupaten tangerang ( DPT) Per 21 juni 2023 di tingkat kabupaten 2,3 juta jiwa dan juga ada data tambahan yang masuk dan ada pengurangan yang keluar, untuk monitoring data tersebut pihaknya akan membuat posko, pendataan serta akan melakukan sosialisasi ditiap desa.

Pertanggal 5, nopember pihaknya akan melakukan penetapan DCT pemilih tetap di kabupaten tangerang umar juga menyampaikan bahwa DPT terbanyak saat ini, kecamatan Pasar kemis, cikupa, rajeg dan kelapa dua yang menjadi persoalan kita bersama.ialah Wilayah hukum di kabupaten tangerang yang terdiri dari 3 wilayah hukum, terdiri tiga polres.akan tetapi pihaknya sudah berkordinasi dengan pihak kepolisian di tiga wilayah tangsel kota tangerang, dan kabupaten tangerang.

Menurutnya sinkronisasi dengan pisen data yang mana terdiri dari 844 orang calon dewan yang sudah menjadi DCT dan pada awalnya mendaftar 917 orang. Ucapnya. Selanjutnya Umar juga mengajak seluruh elemen sthake holder untuk meningkat kepedulian masyarakat, akan pemilu serta Umar juga menjelaskan bahwa pihak kpu telah melakukan sosialisasi di pesantren dan sekolah SMA dan SMK selanjutnya umar juga mengatakan yang akan dihadapi KPU yang akan datang yaitu event terbesar adalah kirab pemilu damai dan pemilu. dan pilkada 2024 nanti.

Kegitan kirab di kabupaten tangerang dengan pemilu damai yang akan di di gelar di alun alun tiga raksa pada tanggal 5 Nopember serta akan berkeliling di dapil secara rounden, dan kirab damai akan mengelilingi dapil 1, 2, 4, 5, 6, serta akan transit di gsg tigaraksa yang akan di sambut forkofinda selanjutnya menuju alun alun tigaraksa..

Tgl 6 dari kpu tiga raksa, berkeliling dari kecamatan tigaraksa kecamatan jambe, kecamayanti jayanti dan menginap di kecamatan balararaja. Selanjutnya, di kecamatsan Rajeg Serta beberapa titik di kecamatan yang menjadi titik tempat yang di kelilingi dan akan menginap kecamatan pasar kemis dan juga kirab pemilu damai akan menginap dikecamatan cikupa.

Terkait anggaran KPU dikabupaten tangerang, menurutnya mphd tinggal melakukan tanda tangan.dan umar juga menyebut pemilu pilkada bukan hanya milik penyelenggara tetapi milik bersama perlu bersinergi dan kolaborasi seluruh sthake holder ungkapnya.

Muslik ketua bawaslu memaparkan bahwa kerjasama dengan seluruh forkopinda dalam hal ini yang telah bersedia menerima bawaslu baik secara intens dan juga melakukan komunikasi dengan bawaslu menjadi harapan yang terbaik mrnuju pemilu yang aman dan damai.

Bawaslu sebagai Pengontrol penyelenggara pemilu yang mungkin banyak terdapat masalah di masyarakat, kehadiran bawaslu sebagai pengawasan, untuk meminimalkan kesalahan yang dilakukan oleh kpps,serta untuk melakukan pencegahan akan kesalahan, dan apabila tidak bisa maka akan dilakukan tindakan hukum sesuai dengan aturan yang berlaku ungkapnya.

Menurutnya DPT sudah di tetapkan tetapi calon pemilih masih ada oleh karena itu peran aktif disduk capil agar data yang ada sincron, bawaslu sebagai Pengontrol penyelenggara pemilu yang mungkin banyak terdapat masalah di masyarakat, kehadiran bawaslu sebagai pengawasan, diharapkan Netralnya ASN oleh karena itu ASN diharapkan netral untuk mencegah politik praktis

Dia juga menyampaikan agar data DPT sudah di tetapkan tetapi calon pemilih masih ada oleh karena KPU agar mendata dengan baik sehingga suara masyarakat yang mau peduli pemilu dapat ter cover dengan baik sehibgga data yang di miliki oleh KPU sincron, serta KPU juga harus membuka akses kemasyarakat sehingga tidak terjadi hal yang mungkin mengundang kontroversi ungkapnya

Tak hanya itu muklis juga menyebut ada tindakan etik, tindakan adminastri, tindak pidana pemilu, dan apabila ada pelanggaran di tingkat desa di serahkan kepada pemerintah daerah dia juga menyampaikan bahwa ASN agar bisa menahan diri. Serta ASN dapat menjaga baik dengan berpoto agar jangan terlalu dekat dengan dewan dewan di tempat kampanye atau mendukung pasangan tertentu di pemilu nanti. Hal ini menurutnya agar jangan dimanfaatkan oleh orang tertentu untuk mencari keuntungan ucapnya.

Selanjutnya Agus Suryana memaparkan kesiapan anggota satpol pp untuk kesiapan tahapan pemilu dengan tertib pemilu 2024.

Tim sengget dan bimbingan satgas untuk persiapan pemilu dan pengamanan pemungutan suara dan perhitungan suara 24 jam ungkapnya.

Untuk masa tenang 3216 orang satpol pp di persiapkan 18,989 orang di pemungutan suara 2,262 orang untuk di kecamatan.

Andi Ony pj Bupati menyampaikan serta meminta Forkofinda dari kepolisian untuk memaparkan kesiapan untuk pemilu dan dalam kesempatan itu pihak kepolisian menjelaskan bahwa menurut data kepolisiaan banten merupakan 66,5 persen tingkat kerawanan dan menurutnya perlu untuk di tingkatkan pengamanan ungkapnya.

Situasi khusus untuk pemilu di 2024 dimana jumlah calon dewan dengan dan jumlah dpt yang tidak seimbang yang dapat menimbulkan gesekan di lingkungan warga, dan menghimbau kepada seluruh sthake holder untuk melakukan sosialisasi kepada masyarakat agar tidak melakukan tindakan melawan hukum serta agar di kampanye nanti masyarakat pengendara sepeda motor agar memakai helm untuk menghindari hal yang tidak diinginkan.

Menurutnya pengamanan di tiap tps dan antisipasi tindakan dari masyarakat di pemilu serta penggalangan keamanan dan juga menghimbau agar dimesjid tidak melakukan kampanye pemilu serta kepolisian juga melakukan patroli rutin.

Ditempat yang sama Andi ony pj bupati tangerang menyampaikan ke seluruh sthake holder ASN agar dapat menahan diri dari politik praktis dengan telah di gelar rapat koordinasi ini untuk menyepakati bersama tahapan pemilu 2024 nanti sehingga terjalin hubungan yang dinamis di dengan masyarakat dan ASN.

Selanjutnya Andi Ony juga mengharapkan seluruh unsur, masyarakat kpu, ASN untuk sama sama untuk menjaga agar tercipta pemilu aman dan damai di kabupaten tangerang, pungkas Andy Ony menutup.

 

Piter siagian.

 

 

 

 

[otw_is sidebar=otw-sidebar-7]

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

mgid.com, 748613, DIRECT, d4c29acad76ce94f