Tata Iman: Mewujudkan Taman Indah dan Nyaman di Kabupaten Tangerang. | POSBANTEN.CO.ID
google.com, pub-2901016173143435, DIRECT, f08c47fec0942fa0
Sunday 26th May 2024

Tata Iman: Mewujudkan Taman Indah dan Nyaman di Kabupaten Tangerang.

Posbanten.co.id, Kabupaten Tangerang,

Kabupaten Tangerang mengambil langkah maju dalam upaya meningkatkan kualitas taman sebagai bagian dari pembangunan perkotaan yang berkelanjutan dengan meluncurkan program Tata Iman (Penataan Taman Indah dan Nyaman).

 Program ini bertujuan untuk menciptakan taman-taman yang indah, nyaman, dan berkelanjutan, memberikan manfaat sosial, lingkungan, dan estetika bagi masyarakat (Lafortezza et al., 2013).

Mengacu pada penelitian oleh Tuan Anh Nguyen et al. (2019), taman kota berperan penting sebagai tempat bersosialisasi, beraktivitas fisik, dan melepaskan stres bagi warga. Penelitian oleh Louv, R. (2005) juga menyoroti pentingnya taman sebagai ruang untuk menjaga kesehatan mental dan mengurangi tingkat kelelahan. 

Oleh karena itu, melalui program Tata Iman, Kabupaten Tangerang berkomitmen untuk meningkatkan kualitas taman dan memberikan pengalaman yang memikat bagi warga.

Salah satu aspek penting dalam program ini adalah penekanan pada taman berkelanjutan. Dengan memperhatikan keberlanjutan dalam desain taman, seperti penggunaan material daur ulang dan sistem irigasi hemat air, program ini berupaya mengurangi dampak negatif terhadap lingkungan (Abdulkareem et al., 2020). 

Melalui penerapan material daur ulang dalam pembangunan dan perawatan taman, serta penggunaan sistem irigasi hemat air, diharapkan taman-taman di Kabupaten Tangerang dapat berkontribusi dalam menjaga kelestarian lingkungan.

Dalam rancang bangun inovasi program Tata Iman, taman-taman akan dirancang dengan mempertimbangkan aspek estetika, fungsi, dan kenyamanan. 

Penataan tata ruang yang menarik dan efisien akan dilakukan untuk menciptakan ruang publik yang nyaman dan sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Fasilitas seperti area bermain, area olahraga, ruang santai, jalur jogging, dan area senam akan ditambahkan untuk memberikan beragam pilihan aktivitas bagi pengunjung.

Tidak hanya itu, program ini juga akan mengintegrasikan teknologi informasi dan komunikasi untuk meningkatkan pengalaman pengunjung dalam taman. Pemasangan jaringan Wi-Fi gratis akan memudahkan akses internet bagi pengunjung, sehingga mereka dapat mencari informasi tentang taman, acara yang sedang berlangsung, atau fasilitas yang tersedia.

Aplikasi seluler khusus untuk taman akan memberikan panduan interaktif, peta, informasi tentang tanaman dan hewan, serta rekomendasi aktivitas yang dapat dilakukan di taman. Selain itu, sensor juga akan dipasang untuk memantau kebersihan dan keamanan taman secara real-time, sehingga tindakan yang tepat dapat diambil dengan cepat.

Bupati Kabupaten Tangerang menyampaikan komitmennya terhadap program Tata Iman, “Kami berharap program Tata Iman dapat memberikan pengalaman yang indah dan nyaman bagi warga Kabupaten Tangerang dalam menikmati taman-taman kota. 

Melalui konsep berkelanjutan dan pemanfaatan teknologi informasi, kami berusaha menciptakan ruang publik yang memadukan harmoni dengan alam, kualitas pelayanan yang unggul, serta mengurangi dampak negatif terhadap lingkungan.”

Dengan peluncuran program Tata Iman, Kabupaten Tangerang menegaskan komitmennya dalam memberikan taman-taman yang indah, nyaman, dan berkelanjutan bagi warganya. 

Melalui upaya kolaboratif dengan pemerintah, masyarakat, dan stakeholder terkait, diharapkan program ini dapat berhasil menciptakan taman-taman yang menjadi pusat kegiatan sosial, penguat kesehatan mental, dan penjaga kelestarian lingkungan.

Piter siagian red tigaraksa.kominfo kab, tangerang.

[otw_is sidebar=otw-sidebar-7]

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

mgid.com, 748613, DIRECT, d4c29acad76ce94f