Upsus, Babinsa Dampingi Petani Penyiangan Tanaman Padi | POSBANTEN.CO.ID
google.com, pub-2901016173143435, DIRECT, f08c47fec0942fa0
Saturday 25th May 2024

Upsus, Babinsa Dampingi Petani Penyiangan Tanaman Padi 

Posbanten.co.id Sragen, Dalam meningkatkan hasil pertanian di wilayah Sertu Sriyatno Babinsa Desa Purworejo Koramil 15/Gemolong Kodim 0725/Sragen melaksanakan pendampingan petani dalam mencabut rumput penganggu tanaman di lahan Sawah milik Bp Takul Dk Ngabean Rt 11 poktan Ngudi Rejeki, Rabu ( 17/04/2024 )

Dengan tidak ada rasa ragu Babinsa serta petani mencabuti rumput secara tradisional yaitu dengan menggunakan tangan agar tidak merusak tanaman padi, sehingga tanaman bisa tumbuh normal.

Menurut Sriyatno Gulma ataupun rumput liar menjadi salah satu kendala bagi para petani padi dalam memperoleh hasil panen yang maksimal. Keberadaan gulma yang sangat mengganggu tanaman padi pada masa pertumbuhan hingga masa pematangan harus dibasmi melalui penyiangan ataupun penyemprotan dengan herbisida tertentu, karena bila dibiarkan akan mengakibatkan tanaman padi kekurangan unsur hara, air dan cahaya yang berdampak pada menurunnya produksi hasil panen.

“Rumput di sekeliling tanaman padi jika dibiarkan akan mengganggu kesuburan padi bahkan lama kelamaan rumput akan menutupi tanaman padi pada akhirnya akan membuat padi menjadi kurang sehat dan bahkan bisa mati. Untuk itulah diperlukan proses penyiangan rumput agar tanaman padi bisa tumbuh subur,” ujar Babinsa.

Kegiatan pendampingan yang dilakukan ini merupakan tugas tambahan selaku Bintara Pembina Desa (Babinsa) disamping tugas pokok yang diembannya.Ini bagian dari upaya khususnya (Upsus) ketahanan pangan, selain itu kehadirannya juga guna memotivasi petani agar lebih bersemangat dalam merawat dan mengelola tanaman padinya hingga masa panen tiba hasilnya lebih optimal,” ungkapnya.

Sumber (Agus Kemplu)

Redaksi piter Siagian AMd

[otw_is sidebar=otw-sidebar-7]

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

mgid.com, 748613, DIRECT, d4c29acad76ce94f