HILIRISASI UNTUK KEPENTINGAN SIAPA? | POSBANTEN.CO.ID
google.com, pub-2901016173143435, DIRECT, f08c47fec0942fa0
Sunday 14th April 2024

HILIRISASI UNTUK KEPENTINGAN SIAPA?

Posbanten.co.id, Jakarta.

Hilirisasi tiada artinya jika akhirnya ditujukan untuk umbelisasi. Tau umbelisasi? Umbelisasi yakni suatu kejahatan Dinasti Politik yang menjadikan anak ingusannya menjadi Cawapres.

 

Program hilirisasi terealisasikan dalam bentuk diantaranya kendaraan-kendaraan yang mengubah dari bahan bakar penggeraknya, yakni minyak bumi menjadi baterei yang bahannya terbuat dari nikel dan litium, yang merupakan logam paling berharga di bumi.13 /11 /2023.

 

Tetapi apa artinya jika kendaraan listrik itu diproduksi secara massif, besar-besaran tapi akhirnya disubsidi sangat besar, yang pembelinya orang-orang yang sudah kaya raya?.

 

Jikapun wujud kendaraan listrik yang energi penggeraknya baterei itu motor yang bisa terjangkau harganya oleh kalangan bawah, toh motor itu tidak bisa digunakan jarak jauh, melainkan hanya jarak pendek yang biasa digunakan oleh emak-emak di gang-gang sempit.

 

Selain dari pada itu pengusaha otomotif itupun tentunya jauh lebih banyak diuntungkan, betapa tidak, orang yang begitu banyaknya antri membeli kendaraan-kendaraan listrik itu malah diberikan subsidi dari 7 juta (untuk motor) hingga 70 juta (untuk mobil).

 

Padahal tanpa disubsidipun pengusaha-pengusaha itu sudah mendapatkan keuntungan yang luar biasa. Disini rakyat bisa bertanya, adakah konpensasi diam-diam dari para pengusaha itu pada sang pembuat kebijakan?.

 

Jika memang ada konpensasinya di bawah meja, ini namanya gratifikasi –lihat Pasal 12 b UU No.20/2001– yang bisa berurusan dengan penegak hukum, yang bisa ditelusuri untuk tujuan apakah konpensasi itu. Untuk pendanaan suksesi nyawapreskah? Wallahu a’lam tandasnya.Saiful Huda Ems (SHE). Lawyer dan Pengamat Politik.

piter siagian

[otw_is sidebar=otw-sidebar-7]

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

mgid.com, 748613, DIRECT, d4c29acad76ce94f