Pembukaan PEMSEA dan PNLG, Bupati Tangerang, Ahmed Zaki Iskandar menyampaikan pentingnya tata kelola wilayah pesisir dihadapan seluruh delegasi.


Tangerang, posbanten.co.id

Bupati Tangerang, Ahmed Zaki Iskandar menyampaikan pentingnya tata kelola wilayah pesisir dihadapan seluruh delegasi yang hadir di gelaran Partnerships in Environmental Management for The Seas of East Asia (PEMSEA) Network of Local Governments (PNLG) Meeting Summit 2022.

“Pemkab Tangerang tentunya mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang sebesar – besarnya kepada seluruh delegasi anggota PNLG yang telah hadir di Kabupaten Tangerang,” kata Zaki di Atria Hotel Gading Serpong, Kabupaten Tangerang, Rabu (26/10/2022).

 

 

Bupati Zaki yang juga Vice President PNLG mengatakan permasalahan pembangunan di berbagai sektor, khususnya yang berkaitan dengan tata kelola pesisir, saat ini masih menjadi tantangan serius yang harus kita hadapi bersama.

Hal ini, lanjutnya penting mengingat dengan tata kelola pesisir yang baik diharapkan berimbang dengan indeks pembangunan manusia juga meningkat, sehingga daya saing sumber daya manusia akan semakin baik.

“Ini menjadi tantangan serius, dengan tata kelola pesisir yang baik, diharpak indeks pembangunan manusia juga meningkat,” ucapnya.

Zaki memaparkan, Program pembangunan di Kabupaten Tangerang dari tahun 2019 hingga 2023 memiliki visi “Mewujudkan Masyarakat Kabupaten Tangerang yang Religius, Cerdas, Sehat dan Sejahtera”.

Lebih jauh, kata Zaki dengan visi tersebut diharapkan seluruh masyarakat di Kabupaten Tangerang mampu bersaing menghadapi tantangan dan perubahan zaman yang menuntut efisiensi dan efektifitas dalam segala hal.

Untuk mempersiapkan itu, kata Zaki Pemerintah Kabupaten Tangerang, dalam upaya mengelola kawasan pesisir, sejak sepuluh tahun lalu telah memprioritaskan program yang disebut “GERBANG MAPAN” atau Gerakan Pengembangan Masyarakat Pantai.

“Dengan melibatkan peran serta seluruh masyarakat pesisir, diharapkan tujuan dan sasaran pembangunan Kabupaten Tangerang yang bermuara pada peningkatan kesejahteraan masyarakat pesisir dapat terwujud,” tandasnya.

Untuk diketahui gelaran PNLG 2022 tersebut menjadi wadah untuk berbagi pengalaman dalam membangun serta mengelola kawasan pesisir. Dimana Tema yang akan diangkat dalam PNLG 2022 adalah ‘Strengthening Coastal Resilience towards Sustainable Local Blue Economies’.

 

 

Dengan tamu yang hadir, Siti Nurbaya Bakar, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia; Le Quang Nam, President PNLG and Vice Chair; Da Nang People’s Committee, Vietnam; Vann Monyneath, Chair East Asian Seas Partnership Council and Director General, General Directorate of Policy and Strategy, Ministry of Environtment, Cambodia.

Kemudian Aimee Gonzales, Excecutive Director, PEMSEA Resource Facility;Yonvitner, PEMSEA Network of Learning Centers Presiden. Dan seluruh pimpinan dan anggota delegasi PNLG dari negara-negara: Malaysia, Filipina, Kamboja, Timor Leste, Korea Selatan, Jepang, China, Vietnam dan Indonesia.

(adv/sdh/hevi/posb)

Berita Terkait

Top