Balai pelatihan Dan Penyuluhan Perikanan (BP3) Diresmikan Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar. | POSBANTEN.CO.ID
google.com, pub-2901016173143435, DIRECT, f08c47fec0942fa0
google.com, pub-2901016173143435, DIRECT, f08c47fec0942fa0
Monday 15th July 2024

Balai pelatihan Dan Penyuluhan Perikanan (BP3) Diresmikan Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar.

Posbanten.co.id.Tangerang.

Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar meresmikan Balai Pelatihan dan Penyuluhan Perikanan (BP3) dan Peletakan batu pertama pembangunan Cold Storage Dinas Perikanan Kabupaten Tangerang yang berlokasi di Kecamatan Kronjo, Jumat (15/09/23).

Bupati Zaki mengatakan, Balai Pelatihan dan Penyuluhan Perikanan menjadi pusat informasi, riset, inovasi, pendidikan, pelatihan dan penyuluhan. Pusat kegiatan ini diperuntukkan bagi para nelayan, petani ikan, lembaga, institusi pendidikan, dan seluruh pelaku usaha perikanan di Kabupaten Tangerang. 

“Selain itu, di balai ini, pemberdayaan masyarakat nelayan melalui peningkatan pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan untuk meningkatkan produksi perikanan, menjaga keberlanjutan lingkungan, dan meningkatkan kesejahteraan keluarga nelayan akan dilakukan secara berkelanjutan,” kata Bupati Zaki.

Selain peresmian BP3, pada kesempatan tersebut, Bupati menyerahkan secara simbolis bantuan kepada kelompok nelayan berupa sarana perlengkapan nelayan. Dia menandaskan bantuan yang diberikan merupakan stimulan agar kelompok nelayan dapat mandiri dan produktif nantinya.

“Perlu diingat bantuan yang diberikan adalah stimulan untuk menjadikan kelompok nelayan bisa lebih mandiri, tidak hanya mengandalkan bantuan tapi dapat secara mandiri untuk berinovasi dan produktif serta mampu bergotong-royong mengangkat kelompok lainnya yang masih membutuhkan bantuan,” tandasnya.

Bupati berpesan agar kelompok nelayan dapat mengelola dan memanfaatkan sumber hayati kelautan dan ekosistem perairan secara bijak dan berkelanjutan sehingga sumber daya laut tetap lestari dan dapat dinikmati oleh generasi yang akan datang.

Sementara itu, Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Tangerang, Jaenudin, menyebutkan sejumlah fasilitas di BPP perikanan. Di antaranya, masing-masing satu unit gedung pelatihan, kantor, dan rumah dinas. Selain itu, ada laboratorium hama penyakit yang sudah lama dibangun dan nanti akan ada cold storage yang hari ini akan dilakukan peletakan batu pertamanya.

“Adanya Lab hama dan cold storage ini, Insyaallah akan menjadi satu nilai tambah. Kita akan operasikan dalam rangka melengkapi perlengkapan BPP yang ada sekarang,” ungkapnya.

Jaenudin menambahkan dalam rangka program peningkatan hasil tangkap nelayan, Dinas Perikanan Kab. Tangerang juga menyerahkan bantuan untuk 10 kelompok usaha bersama perikanan berupa toolbox, mesin kapal, jaring, bubu rajungan, GPS, dan radar ikan.

Piter siagian.

(Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setda Kab. Tangerang)

NO: 485/20-Prokopim/IX/2023

[otw_is sidebar=otw-sidebar-7]

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

mgid.com, 748613, DIRECT, d4c29acad76ce94f