Peringati Hari Pahlawan, Kodim 0726/Sukoharjo, Gelar Nobar Film Janur Kuning di Ponpes Al Mukmin Ngruki. | POSBANTEN.CO.ID
google.com, pub-2901016173143435, DIRECT, f08c47fec0942fa0
Sunday 14th April 2024

Peringati Hari Pahlawan, Kodim 0726/Sukoharjo, Gelar Nobar Film Janur Kuning di Ponpes Al Mukmin Ngruki.

Posbanten.co.id, Sukoharjo

Dalam rangka peringatan Hari Pahlawan, Kodim 0726/Sukoharjo kembali melaksanakan kegiatan Wawasan Kebangsaan di Ponpes Al Mukmin, Ngruki Ds. Cemani Kec. Grogol, Kab. Sukoharjo. Kegiatan Wawasan Kebangsaan kali ini dilaksanakan dengan Nonton Bareng Film Perjuangan Janur Kuning yang digelar di Aula Ponpes Al Mukmin Dk. Ngruki, Jumat (10/11/23) pukul 20.30 Wib.

Kegiatan Nobar dihadiri langsung oleh Letkol Czi Slamet Riyadi, S.E (Dandim 0726/Sukoharjo) dan Kapolres Sukoharjo AKBP Sigit, S.I.K, M.H., Ustadz Muchson (Humas Ponpes Al Mukmin) dan Ustadz Azis Ikhwani (Pengajar Ponpes Al Mukmin), tampak hadir mendampingi kegiatan Kapten Inf Kasiyan (Danramil 09/Grogol) dan AKP Marlin Supu Payu, S.H (Kapolsek Grogol)

“Alhamdulillah, kita sudah seringkali diberikan kesempatan untuk melaksanakan kegiatan Wawasan Kebangsaan di Ponpes Al Mukmin Ngruki ini, namun di peringatan Hari Pahlawan ini, kita gunakan metode yang berbeda yaitu dengan menggunakan metode visualisasi tentang film sejarah dan perjuangan bangsa Indonesia yaitu dengan Nobar film Janur Kuning, ” kata Dandim 0726/Sukoharjo.

“Dengan adanya kita Nobar Film ini, kita mempunyai maksud agar kita semakin menghargai jasa para pahlawan, film yang kita tonton judulnya Janur Kuning, dengan menonton film ini semoga bisa menambah wawasan para Santri, karena dalam film ini terkandung nilai bahwa memang para pahlawan yang sudah mendahului kita ini susah payah untuk merebut kemerdekaan, kita hanya tinggal mengisinya saja dengan hal-hal yang positif. Setelah selesai nonton Film perjuangan ini nanti harapannya agar kita lebih mencintai Negara Kesatuan Republik Indonesia,” terang Dandim 0726/Sukoharjo.

“Jaga Marwah Pondok ini, dimanapun anda berada, para santri semua agar tetap guyub rukun, saya pesan tolong tetap bergandengan tangan saling membantu satu sama lain yang senior lebih tua untuk dihormati dan yang Junior tetap disayangi,” pesan Kapolres.

“Adik-adik semua keluar dari sini menjadi generasi-generasi yang membawa Islam menjadi jalur yang benar, tentunya pesan saya yang terakhir tetap jaga kesehatan, anda disini belajar di didik agar bisa membanggakan kedua orang tua,” tutup Kapolres.

Dengan adanya Nonton bareng perjuangan Janur Kuning ini diharapkan para santri dapat memahami kembali perjuangan para pendahulu kita dalam memperjuangkan Kemerdekaan Indonesia, ini sangat penting agar para generasi muda dapat meneruskan perjuangan para pahlawan-pahlawan kita. Film Janur Kuning ini menceritakan tentang perjuangan kemerdekaan Indonesia dalam meraih kembali kemerdekaannya yang direbut kembali oleh pasukan sekutu. Latar belakang yang diambil adalah di sekitar peristiwa Serangan Umum 1 Maret 1949 di kota Yogyakarta.

Dari Film ini terdapat nilai-nilai nasionalisme yang dapat menjadi pelajaran bagi generasi bangsa. Para santri sebagai generasi penerus dapat belajar nilai-nilai kejuangan tanpa pamrih yang dimiliki oleh para pejuang yang bisa menjadi contoh untuk menumbuhkan rasa cinta tanah air dan rela berkorban bagi bangsa dan Negara.

Piter s red

(Agus Kemplu)

[otw_is sidebar=otw-sidebar-7]

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

mgid.com, 748613, DIRECT, d4c29acad76ce94f