warga Kadu protes proyek pembangunan pengerjaan pemasangan kabel listrik Bitung . | POSBANTEN.CO.ID
google.com, pub-2901016173143435, DIRECT, f08c47fec0942fa0
Sunday 26th May 2024

warga Kadu protes proyek pembangunan pengerjaan pemasangan kabel listrik Bitung .

Posbanten.co.id, Tangerang .

Pengerjaan proyek pemasangan kabel listrik bitung desa kadu dan desa kadu jaya, kec curug, kab, tangerang menuai protes dari warga bahwa menurut warga setempat tidak ada pemberitahuan terkait pemindahan kabel pln dan pemindahan kabel telkom hari ini senin 24/7/2023 .

Titik persoalan dari protes tersebut ketika turab yang di bangun setahun lalu di bongkar oleh pihak vendor pln tanpa pemberitahuan warga setempat .

Warga khawatir akan terjadi longsor manakala ini menjelang musim hujan, warga merasa turab tersebut berasal dari dana desa, pihak vendor pln belum melakukan sosialisai terkait pembongkaran sehingga sempat adu mulut dengan pelaksana .

Warga desa kadu tidak merasa adanya kontribusi warga setempat dalam hal pengerjaan sebagaimana yang sudah diatur dalam kajian sebelum tender dimulai dan diatur pekerja lingkungan 60/40 % yang mestinya di jalankan oleh pihak vendor .

Pihak PLN Yang di temui media dan namanya tidak disebutkan di lokasi tidak bersedia memberikan tanggapan bahkan meninggalkan awak media tanpa peduli nasib warga kadu akibat pekerjaan tersebut .

Menurut Andi yang mengaku sebagai pelaksana pekerjaan pelebaran jalan dan underpass tersebut mengatakan” vendor tidak serta merta meminta ijin lingkungan, karena yang meminta ijin tersebut adalah pemenang tender ujar andi saat di temui media di lokasi.

Andi bersihkeras mengatakan bahwa pekerjaan ini sudah berkoordinasi dengan pupr pusat , pu propinsi, dan kabupaten sehingga tugas vendor hanya menjalankan tugas pekerjaan saja ungkapnya .

Andi juga mengatakan bahwa pihak vendor hanya membantu memindahkan kabel yang ada di lokasi pelebaran jalan tersebut agar tidak terganggu saat pengerjaan ujarnya .

Andi yang mengaku perwakilan vendor tidak bisa memberikan dan menunjukkan surat tugas kepada ketua rt, warga, lsm, ormas dan petugas kasospol hal ini menjadi pertanyaan besar di duga sebagai backing .

Pertanyaannya dana pemindahan dari mana ya ko bisa tidak ada anggaran ? Dan hanya di bebankan kepada vendor, untuk pengerjaannya masuk Akal kah ? 

Underpass yang dimaksud belum di tenderkan dan belum diketahui siapa pemenangnya, jadi memberikan informasi bohong. 

Diketahui pekerjaan pelebaran jalan tersebut akan selesai di bulan desember nanti, jadi secara shceduling perlu untuk di wanti wanti mana kala perubahan iklim dimana curah hujan akan lebih lebat di bulan Agustus, september, dan Nopember, serta desember.

Pengerjaan pemasangan kabel yang menyerap Anggaran sebesar Rp,……? yang bersal dari uang rakyat dan dianggarkan melalui APBN dan di kerjakan oleh Pt,……? dan bekerjasama dengan vendor Pt,….? yang saat ini sedang berlangsung, pengerjaan perlu untuk memberitahu lingkungan sekitar mana kala akan terganggu Aktifitas ke seharian.

Pemberitahuan yang dimaksud baik dari media, maupun bersurat kepihak lingkungan yang notaben nya keseharian melakukan aktifitas dan bersinggunggan langsung dengan pekerjaan tersebut.

Warga juga mempertanyakan Rambu Rambu jalan sebagai bukti bahwa ada pekerjaan. Papan proyek, dari mana sumber dananya ?

Pihak vendor yaitu Pt, …? tidak melakukan, hanya mengacu pada koordinasi yang di buat oleh pupr pusat PU ( Pekerjaan umum ) propinsi dan PU ( pekerjaan umum) Kabupaten 

Ardiansyah sebagai kepala desa kadu tidak memberikan tanggapan bahkan hanya berdiam mana kala warganya sudah protes .

Begitu juga secam curug yang di temui media saat ada acara di desa kadu . 

Adapun permintaan warga sebagaimana diutrakan diatas, ” agar tidak sembarang melakukan pembongkaran, dan memperhatikan Aspek sosial, dan tenaga kerjanya.

Dihimbau kepada aparat penegak hukum agar segera melakukan tindakan terkait oknum tersebut yang telah mengabaikan hak hak warga setempat .

Pertemuan tersebut di hadiri , Perwakilan vendor, kasospol bitung, ketua Rt, warga, assosiasi masyarakat kadu, lsm, ormas, dan media .

Piter siagian .

[otw_is sidebar=otw-sidebar-7]

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

mgid.com, 748613, DIRECT, d4c29acad76ce94f