Sekjen ISPIKANI Kusdiantoro Siap Mendukung Program Ekonomi kementerian kelautan Sektor Perikanan Komoditas Pangan Nasional. | POSBANTEN.CO.ID
google.com, pub-2901016173143435, DIRECT, f08c47fec0942fa0
Tuesday 28th May 2024

Sekjen ISPIKANI Kusdiantoro Siap Mendukung Program Ekonomi kementerian kelautan Sektor Perikanan Komoditas Pangan Nasional.

Posbanten.co.id, Jakarta 

Ikatan Sarjana Perikanan Indonesia (ISPIKANI) menyatakan siap untuk mendukung program ekonomi biru Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP).

Sekjen ISPIKANI Kusdiantoro mengemukakan, wilayah Indonesia terdiri dari 70 persen wilayah perairan, sehingga memiliki sumber daya alam kelautan yang sangat melimpah.

Ia menyampaikan, Indonesia memiliki 35 persen perikanan dunia yang memiliki nilai ekonomis tinggi. Misalnya, tuna, udang, lobster, dan rumput laut.

“Komoditas itu tidak hanya digunakan untuk memenuhi kebutuhan pangan nasional, tapi juga mendukung ketahanan pangan dunia,” ujar Kusdiantoro, Sabtu (16/9/2023).

Kusdiantoro memaparkan, Indonesia memiliki komoditas ikan tangkap terbesar nomor dua di dunia dengan potensi produksi ikan sebesar 12,1 juta ton per tahun.

Oleh sebab itu, ia berkomitmen untuk mendukung Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) dalam program ekonomi biru.

“ISPIKANI akan menjadi bagian penting kebijakan ekonomi biru yang menempatkan keseimbangan ekonomi dan ekologi di sektor perikanan nasional,” tegasnya.

Meski begitu, ia mengakui, masih banyak tantangan yang dihadapi dalam mengembangkan sektor perikanan nasional.

Sehingga, ia meminta semua pihak untuk menjawab tantangan tersebut ke depan dalam segi inovasi, teknologi, dan digitalisasi.

“Namun teknologi canggih tidak sepenuhnya menjadi faktor penentu, sebab dibutuhkan sumber daya manusia yang berkualitas,” tandasnya.

Chairuddin

[otw_is sidebar=otw-sidebar-7]

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

mgid.com, 748613, DIRECT, d4c29acad76ce94f