Rampak Bedug Kesenian Tradisional Asuhan Abah Didik Mochammad Hiza !!! Penuh Makna ,, Di Mainkan Siswa Siswi SMAN 7 Kota Tangerang. | POSBANTEN.CO.ID
google.com, pub-2901016173143435, DIRECT, f08c47fec0942fa0
Wednesday 19th June 2024

Rampak Bedug Kesenian Tradisional Asuhan Abah Didik Mochammad Hiza !!! Penuh Makna ,, Di Mainkan Siswa Siswi SMAN 7 Kota Tangerang.

Tangerang, posbanten.co.id

Rampak bedug merupakan salah satu kekayaan budaya bangsa Indonesia, Kesenian ini dapat menjadi sarana untuk melestarikan dan memperkenalkan budaya Indonesia kepada masyarakat luas.

Alat musik utama yang digunakan dalam rampak bedug adalah bedug, Bedug yang digunakan adalah bedug khas banten yang terbuat dari batang pohon kelapa Selain bedug dalam rampak bedug juga digunakan alat musik lain, seperti kendang, rebana, dan Gong.

Tari merupakan salah satu unsur yang penting dalam rampak bedug,Tari yang ditampilkan dalam rampak bedug merupakan tari kreasi yang diambil dari gerakan pencak silat adalah tari dalam rampak bedug biasanya ditampilkan oleh sepuluh orang penari yang terdiri dari lima penari laki-laki dan lima penari perempuan.

“Pencak silat merupakan salah satu unsur yang juga penting dalam rampak bedug..Gerakan pencak silat yang digunakan dalam rampak bedug merupakan gerakan dasar pencak silat yang dimodifikasi agar lebih sesuai dengan gerakan tari.

Pelestarian Rampak Bedug merupakan salah satu kesenian tradisional yang perlu dilestarikan Kesenian ini memiliki nilai-nilai budaya yang penting untuk dijaga dan diwariskan kepada generasi mendatang.

Pemerintah daerah provinsi banten harus berupaya untuk melestarikan rampak bedug Biar bisa menharumkan bangsa indonesia.

Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan membentuk sanggar-sanggar rampak bedug yang dapat menjadi wadah bagi para seniman rampak bedug untuk berlatih dan mengembangkan kesenian tersebut.

Selain itu pemerintah juga harus rutin menggelar festival rampak bedug untuk meningkatkan apresiasi masyarakat terhadap kesenian ini.

Awak media telah mehampiri pimpinan kesenian rampak beduk Abah Dikdik Mochamad Hiza sebagai mana sosial publik, waktu di acara RAKERKESDA 2024 di Hotel Horison kebon nanas kota tangerang , rabu dan kamis (29/05/2024) dan (30/05/2024).

Semoga kesenian rampak beduk ini kedepanya berkembang dan pemerintah kota tangerang mau pun provinsi banten, bisa melestarikan kesenian rampak beduk tersebut.., tutur Mochamad Hiza di panggil akrab abah.

“Alhamdullilah di acara RAKERKESDA 2024 yang di hadiri oleh Pj.Gubernur Banten AL MUTABAR M.sc dan jajarannya.

Pj.Walikota DR Nurdin, dan jajarannya serta dinas kesehatan se provinsi banten,tidak bisa di sebutin satu persatu namanya melihat siswa siswi SMA Negeri 7 kota tangerang.

Sungguh luar biasa penampilanya dan kedepanya mudah – mudahan pemeritah provinsi banten, terkait acara acara bisa memanggil siswa siswi SMA Negeri 7 kota tangerang di kesenian RAMPAK BEDUK pungkas.,-” Dikdik mochamd Hiza di sapa akrab Abah.

Terlihat sama awak media penari dan penyanyi RAMPAK BENDUK dari SMA NEGERI 7 tangerang di bawah asuhan Dikdik mochamad Hiza di sapa Abah, pada acara pembukaan di RAKERKESDA 2024 semangatya luar biasa. diantaranya nama – nama penari antara lain :

1.Muhammad haikal (penari)
2.Nova ardiansyah (penari)
3.Shafa azzarah (penari)
4.Tegar aji wibowo (penari)
5.Anna tasya (penari)
6.Jacinda kireina (penari)
7.Muhammad ibrahim yunus (pemusik)
8.Nayshila thari syahdiva (pemusik)
9.Siti fania tshayuna (penyanyi)
10.Juan adi senjana (penari)
11.Fauzi muhammad fathir (penari)
12.Regita dyah maharani (penari)
13. Rifan alviansyah (pemusik)
14. Arafat fadega (penyanyi)
15. Maritza fawnia rababni (perias)
16. Nauval azhari habibi (penari)
17. Nayila julia pratiwi (penari)
18. Anna assahirah (penari)
19. Sherli dewiandi putri megantata (penari)
20. Nauvan khaizura (pemusik)

Acara inipun berjalan dengan tertib dan aman.”

pewarta : iwan fs.SH

[otw_is sidebar=otw-sidebar-7]

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

mgid.com, 748613, DIRECT, d4c29acad76ce94f